Cara Mudah Membuat Blog dan Daftar Adsense Untuk Pemula Komplit Dengan Gambar


Pengertian Blog dan Adsense
Blog atau Web Blog ialah sebuah catatan pribadi yang dimuat dalam postingan dengan bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat, singkat dan jelas dan disimpan dalam halaman web online yang bersifat terbuka untuk pengunjung yang membaca artikel di blog.
Kemudian mengenai fungsi dari blog bermacam-macam, hal ini tergantung dengan keingiinan Anda untuk membuat artikelnya, kebanyakan blog digunakan sebagai catatan harian dan media publikasi untuk kampanye atau penyebaran program dari perusahaan. Selain itu blog juga menyediakan fasilitas interaksi pengunjung blog seperti buku tamu dan komentar, sehingga bisa hidup dan menjadi ajang diskusi. Begitulah penjelasannya mengenai blog.

Selanjutnya yang harus Anda pahami adalah seputar Google Adsense. Apabila blog Anda ingin berpengahsilan yang jelas harus mendaftarkannya di Google Adsense. Adsense merupakan program perikalanan internet yang cara kerjanya sama dengan internet Google Adsense. Program ini hanya berlaku untuk pemilik Blog dan Vlog supaya menghasilkan uang dari internet.

Pengahasilannya bisa dilihat dari pembagian keuntungan untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung Blog dan Vlog atau PPC (Pay Per Click). Selain itu Adsense juga menyediakan sistem iklan pencairan (Adsense for Search), Adsense untuk video (Adsense for Video) dan Adsense untuk perangkat seluler (Adsense for Mobile).

Cara membuat Blog

Untuk membuat blog sangatlah mudah dan sederhana, yang hanya Anda butuhkan adalah E-mail. Berikut ini langkah yang harus Anda perhatikan selama membuat Blog.

1. Bukalah situs resmi Blogger.com
2. Masukkan akun Google, dengan cara masukan akun Gmail dan password kolom yang tersedia <Klik Masuk>
Memasukan Gmail dan Password
Memasukan Gmail dan Password
3. Kliklah tombol “Blog Baru” untuk membuat blog baru yang terletak di sebelah kiri atas di tampilan halaman. Kemudian Isi kolom tersebut sesuai dengan nama blog yang Anda inginkan.
Membuat Blog Baru
Membuat Blog Baru
Keterangan:
  • Kolom Judul berfungsi untuk nama blog yang Anda buat, misalnya “Copromo”
  • Kolom Alamat berfungsi untuk menamai alamat blog Anda, sesuaikan dengan keinginan Anda.

Catatan:
“Apabila alamat blog yang dibuat sudah ada sebelumnya oleh pengguna lain, maka tidak bisa didaftarkan ulang, harus mencari alamat yang belum ada. Disarankan yang lebih simple supaya lebih cepat diingat oleh pengunjung dan Anda"
  • Template berfungsi untuk latar belakang atau tampilan di blog Anda, hanya perlu memilih template yang sesuai dengan selera Anda. Di Blogger telah menyediakan beberapa pilihan tampilan standart. Apabila ingin merubah sendiri tampilannya bisa dengan menu Edit Template.

4. Kliklah tombol “Buat Blog”
5. Buatlah artikel di blog Anda.
Bagian untuk membuat artikel
Bagian untuk membuat artikel
Keterangan:
  • Judul Artikel digunakan untuk menulis judul artikel Anda,disarankan jangan panjang dalam membuat judul artikel.
  • Halaman Untuk Konten merupakan bagian isi dari artikel. Disini Anda bisa memasukan text, images dan video.
  • Menu Formating digunakan untuk mengatur format text, menambah link dan sebagainya. Hampir sama dalam penggunaan Microsoft Word.
  • Label, berfungsi untuk mengsisi lebel yang Anda inginkan, utnk memilah artikel yang digunakan untuk kategori blognya. Selain itu berfungsi untuk membuat menu nafigasi, sebab untuk membuat menu bloger memanfaatkan label koneten. Langkah ini termasuk sulit untuk pemula, untuk membuat menu pada platform Blogspot.
  • Penjadwalan Posting sudah disesuaikan dengan sistem hari, tanggal, tahun dan jam, Anda juga bisa menyesuaikan dengan keinganan kapan artikel akan diposting. Ini tidak terlalu penting, sebab sudah otomatis.
  • Menu Publikasikan berfungsi untuk mengirim artikel di web, artikel yang Anda buat sudah online dan bisa dibaca pengunjung.
  • Menu Simpan befungsi untuk menyimpan artikel yang belum selesai di edit yang kemudian akan masuk di draft.

6. Kemudian klik Publikasikan

Begitulah cara membuat blog, sangat mudah kan? Jika sudah paham Anda tinggal membuat beberapa artikel yang banyak minimal 25 artikel dan tulisan minimal 500 kata supaya bisa cepat diterima sama Adsense. Kemudian melakukan optimasi blog Anda, agar bisa mendapatkan pengunjung minimal 70 setiap harinya.

Perlu di ingat sebelum kamu membuat blog kamu harus menentukan target apa yang akan kamu ambil untuk mengisi blog kamu tersebut ya sob, misalnya pada blog ini saya memberikan postingan dengan tema bermacam macam alias gado gado jika kamu tidak suka dengan cara saya maka kamu bisa membuat versi kamu sendiri untuk apa blog kamu di buat.

pastikan kamu memiliki beberapa niche agar blog kamu kaya dengan artikel yang ada sehingga kata kunci yang ada pada blog kamu juga lebih luas dan mudah di temukan oleh orang lain.

Sebelum masuk ke point bagaimana cara daftar google adsense di sini saya akan menjelaskan beberapa point penting yang harus kamu pelajari sebelum daftar ke google adsense agar blog kamu tidak sepi pengunjung dan mendapatkan viewers organik tanpa memasang iklan dan share di facebook lagi.

Coba bayangin aja emang nya kamu enggak cape selalu share di facebook dengan akun palsu kamu agar memancing viewers ke blog kamu? jujur aja dlu saya pernah dan sering banget untuk melakukan hal itu namun sekarang sudah tidak saya lakukan lagi karena cape dan buang buang waktu mending saya pakai untuk istirahat dan bikin artikel aja lebih bermanfaat toh?.

Okeh langsung aja di simak point penting yang perlu kamu kuasai untuk menjadi blogger sukses tanpa modal bayar ke orang lain.

Perlunya Niat dan Kerja Keras
Menjadi seorang blogger dengan viewers ribuan setiap hari emang engga gampang ya terkadang kamu perlu usaha dan kerja keras tapi menurut saya yang terpenting adalah niat kamu dan usaha kamu untuk mengisi blog tersebut hal ini saya dapatkan dari pemilik blog mastimon.com  dia pernah share kalo sehari bikin postingan itu 2 kali bayangkan saja berapa artikel yang dia buat selama 365 hari atau setara dengan setahun info tersebut saya dapatkan dari facebook mohon maaf karena engga ada bukti screen shot karena ini hanya ingatan saya saja.


Konten Original
Setelah memiliki niat yang cukup bagus untuk membangun sebuah blog kamu harus selallu berusaha agar konten yang kamu buat itu original, membuat konten original itu engga susah loh sob kamu bisa melakukan 2 teknik di bawah ini agar artikel kamu selalu original.

1.Merewrite artikel orang lain dengan bahasa kamu sendiri
Menulis ulang artikel orang lain dengan cara membuka 1 hingga 3 website sebagai refrensi kamu dan kamu ambil point pentingnya serap dan jelaskan berdasarkan bahasa yang kamu gunakan sendiri isnyallah hasilnya bakal original banget tapi inget jangan di tulis sama percis dengan apa yang website lain tulis ya.

2.Membuat artikel hangat yang sedang kamu fikirkan
Ide menulis itu kadang dateng sendiri contohnya aja saya bikin artikel kaya gini berdasarkan dari mod dan ide yang tiba tiba dateng gitu aja, coba kamu kurang kurangin melakukan hal yang engga berguna misalnya kamu sedang galau atau sedang happy banget mending kamu tulis di blog dari pada cuma tulis di facebook yang belum tentu menghasilkan uang.

Pentingnya Membuat Artikel Lebih Dari 800 Kata

Kenapa harus 800 kata ? karena google sangat menyukai artikel yang kaya dengan kata, kamu bisa membandingkan dengan jumla uang yang kamu terima misalnya kamu di beri uang 5000 rupiah dan kamu di beri uang 1000 rupiah ? mana yang akan kamu ambil?, begitu pula dengan google dia akan memperioritaskan seberapa banyak kamu berkarya dan berapa bagus kualitas karya kamu tersebut yang membuat kamu cocok menempati pageone pada artikel yang sedang kamu bahas.

Selain itu pentingnya membuat artikel lebih dari 800 kata adalah search engine google lebih menyukai artikel yang kaya dengan keyword sehingga postingan kamu lebih mudah di index oleh google di webmaster.

kalo kamu masih engga percaya silahkan kamu coba sendiri dan kamu  bandingkan dan rasakan website dengan 300 kata vs website dengan 800 kata lebih mana yang lebih cepat terindex di webmaster tunggu hasilnya sekitar 2 hingga 6 minggu dan kamu cek di webmaster.

Apa Itu Indexing Pada Blog
Indexing adalah proses dimana postingan kamu sudah masuk di search engine google, menurut saya pentingnya indexing ini menandakan website kamu sudah terindex oleh google dan hasil kamu menulis tidak sia sia, walaupun sebenarnya submit url dan fetch di google webmaster saja sudah termasuk indexing tapi jika data tersebut belum masuk ke google webmaster sama aja belom ada tandanya dan kamu juga bisa melihat hasilnya di google webmaster.

untuk proses indexing akan saya bahas di bawah karena postingan ini cukup kompleks dan lengkap jadi jangan bosen di baca sampai habis ya.

oke langsung aja kita masuk cara daftar google adsense yang insyallah bisa di terima dan pada point ini juga nannti saya akan bercerita tentang pengalaman saya daftar google adsense asam dan manisnya akan saya tuangkan pada point di bawah ini.

Cara Daftar Adsense Untuk Pemula Insyallah di Terima

Akhirnya kita sampai ke point yang akan saya bahas secara komplek namun jika pada point ini masih kurang kamu bisa memberikan pertanyaan di kolom komentar ya sob insyallah akan saya bales secepatnya.

Cara daftar ke google adsense pada point ini saya akan bahas berdasarkan dari point point terpenting telebih dahulu agar kalian lebih paham dengan apa itu google adsense.

1.Pahami dulu kebijkan yang di berikan oleh google tentang program google adsense
Sebelum kamu daftar sebaiknya kamu harus memahami google adsense lebih jauh agar kedepannya kamu tidak mengalami masalah dan kebingungan apa yang akan kamu lakukan dan apa yang terjadi dengan akun google adsense kamu tersebut jika kamu sudah paham insyallah hal tersebut engga akan terjadi untuk membaca kebijakan yang di berikan google adsense kamu bisa klik di sini.

2.Buatlah konten berkualitas
Membuat konten berkualitas tidak lah sulit ya sob, kamu hanya perlu menuangkan ide lebih untuk setiap postingan yang kamu buat maksudnya kamu harus membuat artikel apa yang banyak orang cari atau artikel yang bermanfaat untuk orang lain.

Jangan lupa juga untuk melengkapi kelengkapan konten yang membuat artikel kamu naik di search engine google isikan lah konten dengan minimal 800 kata dan di dukung dengan video yang membuat artikel yang kamu buat menjadi lebih berkualitas di banding artikel milik orang lain.

Namun saya juga tidak memakai video pada setiap postingan saya, kamu bisa mengandalkan berapa banyak kata yang kamu ketikan pada setiap postingan sebaiknya kamu isi lebih dari 800 kata ya sob.

3.Kelengkapan blog sebelum daftar google adsense
Menurut saya di point ini lah yang menjadi point paling penting selain dari konten original yang menjadi kewajiban kamu sebelum dafatar ke google adsense ya sob, karena pada point ini sering sekali terjadinya penolakan karena alasan kelengkapan blog susah di mengerti atau tidak sesuai dengan kebijkan yang di berikan oleh google adsense.

Beberapa kelengkapan blog yang harus kamu penuhi di antaranya adalah:
  • Halaman Pendukung
Sebelum daftar ke google adsense sebaiknya kamu harus membuat beberapa halaman pendukung seperti kontak saya, disclaimer, privacy policy dll. Pada waktu mendaftar saya hanya menempatkan hal tersebut saja berdasarkan pengalaman pribadi saya.
  • Menu Navigasi
Pentingnya menu navigasi pada blog karena banyaknya penolakan yang terjadi dengan alasan yang ada pada menu navigasi, sebenarnya pada hal ini cukup lah mudah untuk menyelesaikan masalah pada menu navigasi penolakan google adsense kamu cukup memperhatikan pada menu navigasi yang ada pada template yang kamu pasang apakah sudah enak di pandang dan mudah di akses dan tidak membuat orang lain bingung.

Pastikan menu navigasi yang kamu pasang mengarah ke postingan secara langsung agar mudah di akses dan tidak membuat bingung orang yang mereview blog kamu tersebut.

  • Widget Yang Dinamis
Pada bagian widget ada beberapa widget yang perlu kamu pasang dan kamu tempatkan agar terlihat lebih indah di pandang misalnya pada kali ini widget yang saya pasang adalah :facebook like box, Arsip blog,Kategori atau label pada blog, popular post dan juga profil blog juga google plus yang saya susun kebawah pada sebelah kanan blog.

4.Umur blog
Umur blog merupakan faktor yang sangat penting sebelum kamu daftar ke google adsense ya sob,jangan blog baru bikin hari ini besoknya langsung kamu daftarin. sebaiknya tunggu hingga satu atau dua bulan tunggu postingan kamu ada yang terindex di webmaster.

5.Pentingnya blog sudah terindex di webmaster
Nah kalo ini penting banget ya sob kamu harus memilik postingan yang sudah terindex di webmaster sebelum kamu daftar ke google adsense karena dengan adanya postingan yang sudah terindex berarti website kamu sudah memiliki nilai di mata google.

6.Berapa pengunjung blog saya waktu daftar google adsense
Pada waktu mendaftar google adsense pengunjung blog saya seharinya hanya 20 hingga 50 saja sob, ternyata pengunjung bukanlah hal terpenting yang akan menentukan apakah blog kamu di terima atau tidaknya .

7.Jangan refresh blog sendiri
Wah sedikit aja nih pengalaman ya sob karena sebelum daftar akun google adsense saya juga punya pengalaman pahit sekitar setahun karena waktu itu saya merefresh sendiri blog yang saya buat dan akhirnya hingga 8 kali penolakan hingga saya berhenti memakai website tersebut akhirnya saya mencoba dengan website yang lain.

8.Berapa artikel saya waktu daftar google adsense
Nah kan di atas sudah saya bilang setahun saya mencoba dan di rentang setahun itu saya memiliki website lain yang tadinya cuma iseng doang dengan artikel sebanyak 8 postingan saya mencoba daftar dan alhasil saya mengalami penolakan pertama karena saya salah mendaftarkan url web tersebut yang kedua saya coba lagi dan ada maslah di navigasi yang ke tiga di terima deh setelah saya perbaiki dan saya tambah artikelnya jadi kira kira ada 20an jadi setelah daftar jangan lupa untuk nambah postingan pada blog kamu ya sob.

9.Berapa kali saya menerima penolakan google adsense
Seperti yang saya ceritakan pada point 8 saya mendapat penolakan di google udah setahun ya sob sebanyak 8 kali pada web pertama dan 2 kali pada web ke dua wah cukup berat juga usahanya cuma buat daftarnya ajah.

10.Berapa lama saya di terima google adsense
Setelah saya mengirim ulang untuk yang ke tiga kalinya kira kira sekitar 2 bulan lah sob itu juga dengan asam pahit sebelumnya yang udah terjadi sekitar setahun jadi ya cukup lama juga jadi buat kamu yang sedang baca baca aja engga ada salahnya untuk mulai mencoba dari sekarang.

11.Template yang saya gunakan untuk daftar google adsense
Nih point banget ya sob karena dengan template web kamu jadi lebih oke dan menu navigasi nya juga udah di sediakan jadi kamu tinggal edit edit ajah.

nah waktu saya daftar saya menggunakan veri fastest magz karya mas sugeng yang saya dapatkan dari internet mohon maaf karena saya engga punya izin dari pemilik template tersebut saya tidak bisa share di sini secara gratis silahkan kamu cari sendiri aja di google ya sob.

12.Domain Blog Saya
Karena saya tidak memiliki blog yang berumur 6 bulan jadi saya mencoba memakai domai .xyz pada web pertama (kalo kamu udah baca tadi saya di tolak 8 kali) jadi saya tidak merekomendasikan kamu untuk memakai domain xyz.

waktu daftar web ke 2 saya memakai domain .com waktu itu lagi ada promo domain 50% jadi ya lumayan juga iseng iseng eh malah di terima daftar google adsense.

12.Berikut ini spesifikasi blog yang saya daftarkan ke adsense

Domain: TLD .Com
Umur blog: 2 bulan
Artikel: 5 Postingan
Halaman: Privacy policy, disclaimer dan kontak saya
Template: Fastest magz
Widget:Menu seperti gambar di bawah, Arsip blog,Kategori atau label pada blog, popular post dan juga profil blog juga google plus.facebook like box.
mungkin itu aja spesifikasi yang saya isi untuk daftar google adsense pada website saya

oke sekarang langsung aja kita masuk gimana caranya daftar google adsense langsung aja di simak.

Cara Daftar Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Karena  udah cukup basa basi di atas sekarang saya akan memberikan step by step untuk daftar ke google adsense, berikut ini tutorialnya:

1.Kamu ubah terlebih dahulu bahasa pada blogger kamu agar blog kamu bisa di daftarkan ke google adsense

pilih bahasa inggris untuk daftar google adsense
pilih bahasa inggris untuk daftar google adsense
setelan > bahasa dan pemformatan
ubah bahasa indonesia menjadi inggris(amerika serikat) pilih yang united states

2.setelah itu pencet f5 atau refresh
setelah itu refresh maka akan muncul dolar untuk daftar google adsense
setelah itu refresh maka akan muncul dolar untuk daftar google adsense

Hingga muncul dolar / penghasilan seperti gambar berikut ini

3.Setelah muncul dolar kamu klik dolarnya lalu klik daftar
daftar google adsense terbaru
daftar google adsense terbaru
4.Setelah itu maka akan masuk ke halaman seperti di bawah ini
pilih yes lallu pilih negara anda
pilih yes lallu pilih negara anda

Pada bagian ini silahkan di centang yes nya dan pilih countrynya indonesia.
jangan lupa klik yes i have read
jangan lupa klik yes i have read 
Lalu setelah itu scrol ke bawah dan centang yes  lallu klik create account.

5.Setelah itu anda akan di alihkan ke halaman google adsense
setelah masuk di sini ikutin aja tahapannya lallu klik submit
Mulai adsense untuk blog
Mulai adsense untuk blog


6.Setelah itu anda akan di suruh untuk memasukan nomer telfon anda untuk memverivikasi, jangan lupa untuk menambahkan +62 di bagian awal agar sms masuk ke nomer anda.
masukan nomer anda untuk verivikasi
masukan nomer anda untuk verivikasi
setelah memasukan nomer dan klik get verivication code maka gak akan lama kamu akan menerima sms seperti gambar di bawah ini.
masukan verification code yang di kirim google ke nomer anda
masukan verification code yang di kirim google ke nomer anda
lalu klik submit untuk memverivikasi jika benar maka anda akan di alihkan kembali ke blogger.com

lanjutkan untuk mendaftar google adsense
lanjutkan untuk mendaftar google adsense


untuk menyelesaikan anda klik lanjutkan dan setelah itu balik lagi ke gambar dolar dan di situ anda akan melihat id penayangan iklan anda tapi di sini anda masih dalam tahap antrian hingga google menerima permintaan anda untuk bergabung di google adsense

Catatan penting :
-Sebaiknya gunakan template fastest magz 
-Jangan menggunakan domain .xyz jika engga mau mengalami hal sama seperti saya
-Jangan lupa untuk mengindex artikel anda agar postingan anda ter index oleh google
-Jangan lupa daftar webmaster daftar di sini (mohon maaf tidak saya jelaskan pada postingan kali ini)






Bingung akun grab mu kena suspend ? Dapatkan solusinya!

0 Response to "Cara Mudah Membuat Blog dan Daftar Adsense Untuk Pemula Komplit Dengan Gambar"

Post a Comment

Blog allow coment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel