10 Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan


Ekstranet ialah insfrastruktur jaringan pribadi (privat) yang memakai dan menerapkan protokol internet dan sistem komunikasi publik sebagai media perantara untuk membagi sebagian sumber daya infromasi secara aman dan terlindungi ke pihak luar terkait dengan partner perusahaan, bisa ke Supplier, Vendor, atau Customer. Perusahaan yang membuat infrastrukut extraner bisa bertukar data berukuran besar dengan memanfaatkan EDI (Electrinic Data Inerchange) yang saling berkontribusi
Semua informasi perusahaan akan diberikan ke jaringan publik melalui Ekstranet. Informasi yang diijinkan untuk transmit ke jaringan Ekstranet hanya intranet yang ada di perusahaan. Ekstranet Firewall Router beperan snagat penting dalam memantau aktivitas informasi keluar masuk ke intranet yang dihubungkan. Infromasi yang mencurigakan atau tak relevan akan diblokir dan membatasi akses dari luar yang ingin mengakses sumber daya informasi intranet.

Kegunaan Estranet

1. Kemudahan Pertukaran Informasi
Ekstranet dapat memberikn kemudahan untuk membagikan sumber daya informasi dari intranet perusahaan ke intranet perusahaan cabang yang mmeiliki geografi lokasi yang sukup berjauhan, melalui jalur publik (internet) dengan kemaanan yang tinggi. Informasi yang diberikan informasi yang telah diatur untuk diakses oleh jaringan luas dalam Ektranet. Infromasi yang tidak exporse makan tak akan dishare ke publik.

jangan lupa untuk membaca: Cara membuat email secara lengkap

2. Sebagai File Server
Perusahaan bisa mengiplementasikan file server berisi infromasi snsitif, confidential, Aplikasi propriteary perushaan dan dokumen legalitas yang dishare untuk digunakn perusahaa secara aman lewat protokol Ektranet

3. Remote jarak Jauh

VPN merupakan protokol Estranet, memudahkan untuk staff berkepentingan dari suatu perusahaan untuk melakukan troublehooting software, maupun hardware suatu perusahaan, intalasi dan deinstalasi aplikasi perusahaan tanpa berada dikantor, karena menggunakan aplikasi remote control semacam Teamviewer.

4. Media Informasi Perusahaan
Ekstranet bisa menghemat anggaran dalam membuat informasi atau company profile  suatu perusahaan. Sekaligus web server dan file hosting lokal dari intranet suatu perusahaan, dan aktivitasi untuk diakses dari publik sehingga tak perlu menyewa jasa web hosting untuk menyimpan file website.

5. Fitur Keamanan yang komplit
Ekstranet sangat bagus dalam fitur keamanan yang cukup ketat. Tingkat akses dan batasan akses pengguna bisa dikelola dan diatur melalui interface yang ada.

6. Waktu yang lebih efisien
Waktu untuk menjalankan bisnis bersama mitre menjadi lebih efisien, sebab Ekstraner menjanjikan kemudahan dan kecepatan pertukaran informasi antara perusahaan dengan mitra bisa berlangsung baik.

7. Kemudahan dalam Maintenance
Extranet juga memberikan kemudahan dalam pengelolaan infrastuktur, termasuk tapi tidak terbatas pada pengembangan hardware, jumlah link, node-to-node, dan Lain-lain.

8. Membangun sebuah industri Ekstranet
Beberapa Intranet. Dengan menggunakan Intranet Kita bisa membangun sebuah industri Ekstranet yang merupakan gabungan beberapa Ekstranet yang memiliki Ekstranet, yang berguna untuk mempermudah komunikasi.

jangan lupa kunjungi Ki-tecno

9. Membangun Kemitraan Bisnis Digital
Dengan membangun sebuah Ekstranet maka memudahkan untuk membuat sebuah infastruktur jaringan yang menjembatani komunikasi digital dengan mitra bisnis perusahaan, baik, vendor, supplier, maupun customer.

10. Akses Informasi dimana saja (portabilitas).
Dengan adanya Infastruktur Ekstranet, maka informasi yang disediakan bisa diakses dengan menggunakan berbagai perangkat seperti Handphone, Tablet, Laptop. Sehingga informasi yang disediakan bisa diakses kapan saja, dimana saja.

Bingung akun grab mu kena suspend ? Dapatkan solusinya!

0 Response to "10 Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan"

Post a Comment

Blog allow coment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel