5 Software yang Paliang Sering Digunakan untuk Mengakses Internet

5 Software yang Paliang Sering Digunakan untuk Mengakses Internet

5 Software yang Paliang Sering Digunakan untuk Mengakses Internet


Dari tahun ke tahun internet semakin berkembang, sehingga banyak sekali orang menggunakan jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan jaringa terluas yang ada di dunia. Kabanyakan orang memanfaatkannya melalui komputer dan smarphone yang bisa melakukan koneksi dalam internet denga mudah, praktis dan cepta.
Supaya bisa terkoneksi dalam jaringan internet, selain perangkat keras jadiranga komputer, seperti modem, router, network adapter dan yang lainnya. Jaringan komputer juga perlu softwere (perangkat lunak) atau aplikasi supaya komputer bisa masuk dan terhubung ke jaringan internet.
Ada berbagai software krusial yang sangat penting dan wajib dibutuhkan saat Anda akan menghubungkan komputer ke jaringan internet. Berikut ini softwere yang digunakan untuk mengakses internet, secara umum dan juga secara khusus.

1. Sistem Operasi
Software paling utama dan wajib di install di komputer Anda adalah sistem operasi komputer. Sistem komputer merupakan software mutlak yang wajib dimiliki oleh semua user, supaya komputer bisa berjalan dan bekerja dengan optimal.

Sistem operasi meruapakan softwere yang dikembangakan dan diinstall ke komputer, yang mempunyai fungsi membantu operasional. Dengan begit bsia dengan mudah digunakan oleh usernya. Item yang ada di sistem operasi menyangkut kompatibilitas terhadap berbagai software untuk mengakses internet lainnya seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac. Macintosh.

2. Web Browser
Sistem operasi sudah terapasang yang bisa beroperasi sesuai dengan ketentuan yang ada, maka selanjutnya Anda menginstall web browser. Web browser ialah sebuah aplikasi atau software yang sangat penting bagi Anda yang melakukan akses ke internet. Ada beberapa web browser yang sangat populer seperti Google Chrome, Mocilla Firefox, Internet Explorer, dan Safari Browser.

3. Network Driver

Untuk mengakses internet juga dibutuhkan network driver yang merupakan software untuk menjalankan hardware yang berhubungan dengan kemampuan kompueter dala terhubung ke jaringan. Karena salah satu cara menghubungkan komputer dengan internet dengan melengkapi pernagkat untuk mengakses internet baik dari hardware maupun softwere. 

Jika tak ada network driver maka setiap perangkat keras jaringan di komputer tak berfungsi dengan normal. Network driver ini sudah ada bersama dengan laptop amupun komputer yang terakit dan menyesuaikan jenis maupun tipe network hardware yang digunakan di komputer.

4. Email Client
Email Client merupakan fitur yang sangat berguna di jaringan komputer terutama internet. Email bisa Anda gunakan untuk mengirim surat dengan sangat mudah dan cepat dengan teman dan relasi di seluruh dunia. Email client meruapkan softwere stand alone yang berfungsi untuk menerima, mengirim dan mengedit suatu pesan elektronik. Anda bisa menginstall email clinet di komputer seperti Outlook Express. Sekarang email client menjadi anadalan dari sistem operasi smartphone, seperti android dan iOS

5. Aplikasi atau software tambahan lainnya
Ada juga softwere yang lain yang bisa digunakan sebagai tambahan sekaligus membatu aterhubung ke internet. Seperti berikut ini.
  • IRC atau Internet Relay Chat
  • Software internet dan Video Call and Conference
  • Client dalam game online
  • Messenger
  • Software kemananan berinternet, seperti anti virus, firewall, dan juga anti malware           

Selain untuk menjaga keamanan dalam menjelajahi internet yang perlu diperhatikan dalam internet adalah menjada keamanan jaringan komputer, yang tentunya juga dijalankan dengan sofware untuk kenyamanan user.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close