5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi Supaya Tidak Boros

5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi Supaya Tidak Boros

5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi Supaya Tidak Boros

Ilustrasi Mengatur Keuangan Pribadi

Siapa si yang tidak mau hidup boros? Pasti tidak ada yang mau mengatur keuangan yang terlalu cepat menghabiskan uang. Maka dari itu saya akan menjelaskan bagaimana cara tidak boros dalam mengelola keuangan? Untuk menghindarinya kita harus terbiasa dengan hidup hemat, maka segala bentuk kebutuhan akan berjalan sangat efektif. Usaha untuk menghemat pengeluaran bisa belajar sejak dini, karena cinderung ketika masih anak-anak kita lebih mudah untuk diajari daripada ketika saat dewasa.


Jika di biasakan sejak kecil, maka akan berdampak positif untuk anak tersbeut ketika masuk dalam dunia kerja. Pada umumnya yang sudah bekerja bingung ketika manerima gaji untuk mengatur keuangan pribadinya. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan yang cukup untuk mengelola keuangan sehingga menjadi kebiasaan.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Lebih Hemat atau Tidak Boros

Penasarankan? Langsung saja inilaj beberap tips menarik yang berkaitan dengan cara menghemat keuangan. Yuk, simak!

1. Membuka Rekening Khusus
Biasanya orang akan lebih boros jika ada uang cash di dompetnya, nah untuk mencegahny Anda bisa membuka rekening guna untuk tabungan saat menyisihkan sebgaian penghasilan untuk menghemat keungan. Cara ini terbilang cukup efektif lho, bila perlu Anda rutin menyisihkan penghasilan untuk behemat atau tidak boros.

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, usahakan jangan digunakan tabungannya. Jika Anda membuka rekening ushaakan tidak mengaktifkan ATMnya, karena akan membuat Anda tergoda untuk belanja melalui kartu kredit. Was-was saja Anda akan boros jika memiliki ATM. Menghindari tidak mempunya ATM akan memperlancar untuk berhemat.

2. Belanja Sesuai Kebutuhan
Jika Anda ingin melakukan belanja bulanan, sebaiknya direncanakan terlebih dahulu menganai barang apa saja yang perlu Anda beli untuk memenuhi kebutuhan. Jika tidak direncanakan barang yang mau di beli, pastinya Anda akan memeli barang yang tidak penting sehingga pengeluaran Anda akan membengkak.

Jika Anda merencakan sebelumnya maka belanja barang kebutuhan hidup selama sebulan lebih tersusun dengan baik dan lebih memudahkan untuk belanja kebutuhan tanpa rasa bingung.

3. Tidak Memaksakan Gaya Hidup

Hampir kebanyakan orang selalu mengikuti gaya hidup tanpa mmeikirkan kemampuan finansialnya. Seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat orang mudah tergiur untuk membeli barang yang tidak bermanfaat sepunuhnya, itu semua hanya mengikuti kebutuhan tuntutan gaya hidup bukan memenuhi kebutuhan hidup. Nah, merupakan kesalahan yang sangat fatal, jika kita terus mengikuti gaya hidup padahal perkenomian Anda sangat pas-pasan.

Usahakan jika ingin bergaya sesuaikan dengan kemampuan finansialnya. Jangan mengikuti trend atau orang lain. Karena perlu di ingat perkenomian seseornag itu berbed-beda, mungkin mereka lebih mempunyai dana yang berlimpah jadi ketika belanja tidak terasa. Jika Anda terus memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup, maka hal tersebut akan menyikasa diri Anda secara perlahan. Apa gunanya jika Anda membeli barang mahal tapi tidak dimanfaatkan? Atau hanya sebagai barang pajangan di rumah.

4. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Sendiri
Mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci baju usahakan dikerjakan Anda sendiri. Seperti yang kita lihat banyak orang menawarkan jasa pekerjaan rumah salah satunya laundry. Jangan mentang-mentang ada jasa ini, Anda memakai jasanya. Jika Anda menggunakan jasa laundry akan memperbanyak pengeluaran uang. Apabila dibiasakan maka kelamaan keuangan Anda akan menipis alias boros.

Jika Anda masih mampu melakukan pekerjaannya, mengapa tidak untuk melakukannya? Toh, lebih terpercaya, karena yang melakukan pekerjaan rumah itu Anda. Intinya sih, jangan gunakan jasa untuk mengerjakan pekerjaan rumah selagi Anda mampu, karena hal kecil spserti ini di biasakan makan akan membuat Anda semakin malas untuk berkativitas.

5. Jauhi Hobi yang Kurang Bermanfaat
Hobi yang kurang bermanfaat seperti mengoleksi barang yang hanya dijadikan pajangan akan semakin menambah banyak pengeluaran Anda. Jika Anda ingin mengoleksi barang, sebaiknya yang bisa dijual kembali tentunya akan bertambah sebagai pemasukan Anda. Misalnya Anda mengoleksi perhiasan Emas.

Anda boleh saja menekuni hobi tapi pertimbangkan terlebih dahulu manfaat apa yang didapatkan? Jangan sampai hanya meperburuk keuangan Anda. Usuahakan hobi Anda dapat membangun suatu usaha yang bisa dijadikan pendapatan.

OK, mungkin itu saja yang bisa saya sharing dengan Anda mengenai cara untuk mengatur keuangan pribadi supaya tidak boros. Dengan pengalaman di atas semoga Anda lebih bisa untuk cara mengelola keuangan dengan bijaksana. Tanpa menghaburkan uang dengan membili barang yang tidak berguna. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Blog allow coment

close