7 Cara Mengembangkan Bisnis Ala Jack Ma "Alibaba"

7 Cara Mengembangkan Bisnis Ala Jack Ma "Alibaba"

7 Cara Mengembangkan Bisnis Ala Jack Ma "Alibaba"


Jack Ma Pengusaha Sukses 'Alibaba' Terkaya
di Dunia

Sebagian orang tahu tentang Mark zuckerberg, Bill Gates, Jeff Bezos karena kita saja sering mendengar nama mereka salah satunya Mark Zuckerberg pendiri Facebook yang sangat terkenal di masyarkat dari berbagai belahan dunia. Lalu bagaimana dengan nama Jack Ma? Mungkin sedikit asing di telinga kita, termasuk saya belum mendengar nama yang satu ini. Setelah saya mencari informasi ternyata beliau ini  dikategorikan sebagai orang terkaya di dunia.


Mengapa bisa begitu ? Karena Jack Ma ini merupakan seorang pendiri online marketplace yang bernama Alibaba. Marketplacenya di tahun 2014 telah berhasil di kategorikan sebagai online marketplacae sukses dengan keuntungan IPO mencpaai Rp 289,9 triliun.

Seperti yang kita ketahui jika mau mengemabngkan suatu bisni atau usaha mulai dari nol, nah seperti yang dilakukan oleh Jack MA, Merketplace di bangun dari kecil yang berhasil didirikan tahun 1999. Karena kerja kerasnya hingga menghasilkan sesuatu yang manis sehingga berhadil dinobatkan sebgai oran terkaya di Cina hingga sekarang.

Kok bisa sih sampe sukses seperti ini? Apa sih kuncinya dan strategi yang dilakukan oleh Jack Ma? Nah, untuk itu saya disini akan memeberikan sedikit informasi mengenai cara mengembangkan bisnis ala Jack MaAlibaba.

1. Ekspansi Bisnis secara Global
Jika kita ingin menjadi pengusaha sukses harus mempunya prinsip dalam hal berbisnis, seperti halnya yang dilakukan oleh Jack Ma yang mempunyai prinsip jika mau melakukan bisnis tidak hanya di satu negara melainkan di berbagai negara. Nah, prinsip inilah yang membawa beliau menjadi pengusaha yang sukses. Dengan adanya prinsip digunakan sebagai pendorong Alibaba mencapai pasar global. Jack Ma juga percaya jika kita membangun bisnis glogal bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu ia sangat memanfaatkan kerberadaan internet untuk mengembangkan bisnisnya.

2. Selalu Ingin Maju
Jack Ma selalu memikirkan maju dan terus maju untuk menjalankan bisnisnya tanpa memperdulikan yang namanya kegagalan. Jika mau menjadi seorang pembisnis jangan hanya memikirkan produk dan pelanggan melainkan tentang kompetitor. Demikian banyak kompetitor membuat kita selalu berpikir maju. Selalu berfikiran bagaimana caranya menjadikan bisnis menjadi mendunia. Nah, itu semua telah di lakukan oleh Jack Ma bersama timnya yang berhasil membawa Alibaba secara mengglobal.

3. Fokus Pada Pelanggan
Sebagai seorang pembisnis kit aharus mampu membuat pelanggan selalu loyal. Inilah yang di percayai oleh Jack Ma yang selalu memperhatikan pelanggannya tanpa perlu takut dengan kompetitor. Persaingan yang sangat ketat dalam bisnis online membuat Jack Ma tidak takut dengan Kompetitor, karena kompetitor hanya bisa bertahan berkat adanya pelanggga. Pada saat seornga kompetiot kehabisan pelanggan, maka bisnisnya akan gulung tikar.

Oleh karena itu Jack Ma selalu mengedepankan pelangga, menurutna Alibaba bisa sukses berkat kepercayaan para pelanggannya. Melakukan pelayanan yang terbaik adlah kuncinya agar pelanggan betah berbelanja di satu marketplace.

4. Pintar Menangkap Peluang
Seperti yang dilakukan oleh Jack Ma jika menemukan peluang jangan dilewatkan begitu saja. karena minimnya infrastrukur di Cina tahun 1990 an membuat Jack Ma menemukan peluang untuk membantu pengusaha di Cina yang sulit berkembang. Dengan ide kreativnya berhasil mendrikan Alibaba, perusahaan e-commerce yang bisa membantu pengusaha untuk menjalankan bisnisnya.
Para pengusaha bisa bergambung dengan Alibaba dn menjuala produknya di satu marketplace tanpa menjual atau memasarkan sendiri produknya.

5. Inovatif dan Kreatif
Tidak dapat di pungkiri lagi seorang pembisnis harus mempunyai kemampuan yang inovatif dan kreatif agar bisnis yang sedang dikembangkannya panjang umur dan mampu bersaing di dunia bisnis. Sebagai seorang pengusaha dimanapun hars selalu berinovasi dan brekeasi dengan tujuan bisnisnya tetap berada di uncak. Nah, inilah kunci yang berhasil di wujudkan Jack Ma.

Jack Ma selalu memutar otak untuk mmeperoleh ide yang inovatifa dan kreatif untuk memajukan Alibaba. Saat idenya ditemukan ia langsung menggunakannya. Jika idenya gagal untuk dikembangkan maka mencara cara dan ide yang lebih brilian untuk kemajuan bisnisnya.

6. Mengabaikan Haters
Sebagai seorang pengusaha wajib mengatakan “Tidak” pada haters jika mua sukses mengambangkan bisnisnya. Seperti yang dialami Jack Ma, ia pernah berinisiatif untuk menciptakan Alipay. Alipay merupakan mekasnisme pemabyaran yang khusus untuk pelanggan Alibaba. Namun idenya ini medapatkan banyak sekali kritiakn dari pengusaha e-commerce lain. Mereka beranggapan bahwa Jack Ma sudah gila karean bisnis yang dijalankannya.

Namun, Jack ma tidak mempedulikan cibiran para haters dan terus berusaha pnatang menyarah untuk mewujudakan Alipay. Sehingga pada akhirnya Alipay telah sukse menjad salah satu metode pembayaran online terbesar di Cina.

7. Tetap Fokus
Tetap fokuslah dengan bisnis yang mau dijalankan. Ketika kita menemukan tanggapan, kritiakan dan saran yang di berikan oranga lain telaah terlebih dahulu dengan baik supaya menemukan titik terangnya jangan asal menyimpulkan. Begitu pun dengan Jack Ma ketika mendapatkan komentar kritik dan saran mengenai usahanya ia selalu menelaah semuanay. Jika ia tidaks etuju makan ia tetap mengatakan “tidak”. Ia tetap menajalankan bisnisanya sesuao dengan susunannya.

8. Semua Butuh Usaha dan Kerja Keras
Untuk mencapai kejayaan dan kesuksesan tidak mudah ketik membalikan telapak tangan. Walaupun Alibaba telah sukses di bisnis e-commercer terbesar di dunia, Jack Ama tetap bekerja keras untuk mempertahankannya. Ini lah yang harus kita tiru, kerja keras dan keuluteannya dalam mengembangkan bisnis yang sukses seperti Alibaba.

Mungkin itu saja informasi menganai cara mengembangkan bisnis ala Jack Ma di bisnis e-commerce nya yang sukses di dunia sekaligus terbesar di Asia. Semoga bisa dijadikan referensi Anda untuk mengembangkan usaha maupun bisnisnya sehingga menjadi sukses seperti Jack MA. Jangan lupa untuk terus mengikuti di copromo mengetahui Tips usaha dan karir terupdate yang bisa dijadikan panduan Anda mengembangkan usaha.
Baca Juga : Tips Usaha Ala Hui Ka Yan Menjadi Pengusaha Sukses dan Terkaya Se Asia
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close