Cara Cerdas dan Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Cara Cerdas dan Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Cara Cerdas dan Tips Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Ilustrasi Mengelola Keungan

Satiap orang pasti berfikir bagaimana caranya untuk mengelola keuangan supaya tidak boros atau kuranganya pendapatan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Nah, maka dari tiu mengelola keungan pribadi sangat penting untuk semua orang. Seperti halnya mahasiswa agar kondisi finansial tetap setabil.


Seperti yang di alami oleh saya yang berstatus sebagai mahasiswa yang merantau. Karena  jauh dari orangtua kemudian di percaya untuk mengelola keuangan sendiri. Jika kita pandai mengatur keuangan pribadi dapat dikategorikaan sebagai mahasiswa yang cerdas lho. Meskipun kita tergantung dengan orangtua, tapi tetap saja harus mengelola keuangan dengan baik, agar kedepannya kita bisa berpikir cerdas dan mampu bersaing dengan sehat dalam berbagai hal.

Untuk mengelola keungan yang biasa saya lakukan adalah menabung, dengan menyisihkan uang jajan untuk di tabung itu sangat baik. Tabungan ini bisa diguankan untuk pendidikan masa depan. Bgai anda yang suka dengan berbisnis, bisa juga menggunakan untuk modal usaha kecil. Oleh karena itu, saya akan berbagi tentang cara cerdas dan tips dalam mengelola keuangan untuk memenuhi kebetuhan masa depan.

Cara dan Tips Mengelola atau Mengatur Keuangan


1. Memperhatikan sumber pemasukan
Saat kita menerima uang yang banyak, jangan sampai kita salah kaprah. Mengeluarkan uang seenaknya saja tanpa melihat resiko di kedepannya. Bagi Mahasiswa yang masih tergantung dengan orangtua itu adalah tindakan yang salah, jika seperti itu uang Anda tidak akan bisa di kelola dengan baik sesuai target. Oelh karena itu kita harus cerdas dalam mengguanakan uangya.

Sarannya Anda jangan selalu menghabiskan uang orangtua jika ingin lebih menghemat uang. Lebh baikAnda buktika jika Anda bisa mandiri dan berbakti pada orangtua. Anda juga bisa membuka usaha kecil-kecilan sebagai sumber pendapatan Anda, misalnya online shop, jualan pulsa setidaknya bisa memenuhi kebutuhan kuliah.

Sekali lagi sebagai mahasiswa kita harus buang rasa gengsi atau malu jika kegiatan itu positif ssperti berjualan. Sudah pasti jika orangtua kita melihatnya mereka akan bangga, karena kita berusha untuk hidup lebih mandiri dengan cara mengahasilkan pendapatan sendiri walau tak banyak.

2. Mempersiapkan tabungan
Nah, yang satu ini hal yang paling mudah yaitu menabung. Seperti yang saya lakukan ketika menjadi seorang mahsiswa untuk mengatur keuangan pribadi dengan cara menabung. Pada saat itu saya menabung sebulan sekali, karena orangtua memberikan uang untuk satu bulan. Kurang lebih sebesar Rp 1.000.000 sehingga saya bisa menyisihkan sekitar Rp 300.000- Rp 400.000 perbualnnya untuk di tabung, itulah yang saya lakukan untuk mengatur keuangan bulanan. Tabungan yang saya peroleh ini sangat membantu jika ada kebutuhan mendesak, misalnya membeli buku paket atau membayar praktik.

Bisa terlihat jika hal sekecil ini dapat memberikan manfaat. Konsistenlah untuk menabung, seperti pepatah mengatakan sedikit demi seikit lama-lama menjadi bukit. Selain itu juga kita tidak perlu meminta bantuan orangtua, bisa meringankan beban orangtua untuk biaya kuliah kita.

3. Mengatur Jumlah pengeluaran
Selain memperhatikan pemasukan, Anda juga perlu memeprtimbangkan jumlah pengeluaran. Jangan sampai kita seenaknya saja menghabiskan uang orangtua, bagiamana pun juga kita harus tetap mengelola pengeluaran uang. Kareana jika uang kita habis, Apa yang harus Anda lakukan? Mau tetap meminta uang lagi ke orangtua? Meskipun orangtua bertanggungjawab tentang kita, setidaknya Anda harus sadar kebutuhan hidup bukan hanya pada diri Anda tapi banyak sekali kebutuhan yang harus di penuhi orangtua.

Nah, untuk itu kita harus sadar diri tidak melakukan tindakan konyol seperti menghabiskan uang. Kita sudah menjadi dewasa sudah sepantasnya kita memikirkan hal ini. Jika perlu usahakan menghendel semua pengualaran yang layak di keluarkan dalam sebulan. Biasanya untuk pengeluaran saya melakukan dengan cara mencatat semua kebutuhan dan pengeluaran dalam sebulan. Dengan beitu kita tahu jumlah pengeluaran setiap bulannya.


4. Usahakan memiliki anggaran untuk uang yang di kunci
Apakah yang Anda ketahuin mengenai uang mati? Yups, uang mati merupakan uang tabungan kita yang tidak bisa diganggu gugat atau di sentuh. Uang ini hanya bisa digunakan ketika ada kebutuhan yang sangat mendesak, yang dimana Anda sangat perlu menggunakan uang tersebut.
Saran saya, jika Anda memiliki uang mati ini jangan sampai tergoda dengan hal yang tidak penting atau jangan mengingat uang tersebut.

5. Membuka Usaha Kecil
Seabgai mahasiswa kita juga bisa lho membuka usaha kecil-kecilan di kelas, seperti yang saya lakukan dengan berjualan makanan ringan di kelas. Tak hanya saya, teman juga membuka julan nasi kuning di kampus. Masih banyak sekali usaha yang bisa Anda lakukan, apalagi yang namnya online. Sudah pastinya Anda bisa mengembangkan usaha kecil. Pokoknya jangan pernah gengsi atau merasa malu, jika begitu terus bagaimana Anda akan maju? Hal yang kecil aja ogah-ogahan apalagi yang besar? Perlu Anda ingat tenaga orangtua kita tidak selamanya kuat seperti saat muda, jadi mulai dari sekarang Anda untuk berfikir lebih cerdas.

jangan lupa untuk baca cara menarik lainnya : Cara Mengatasi Iklan Admob Tidak Tampil

 Bagaimana menurut Anda? Apakah masih mau tetap bergantung pada orangtua atau mau mengikuti cara cerdas untuk mengelola keuangan? itu semua ada di tangan Anda, tentukan pilhan yang paling bijak ya. Disarankan untuk Anda yang mau hidup lebih mandiri, cobalah hal kecil ini dengan cara mengatur keuangan Anda, dengan bigitu masa depan akan lebih gemilang dan maju. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close