Cara Mengembangkan Usaha Es Krim Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Cara Mengembangkan Usaha Es Krim Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Cara Mengembangkan Usaha Es Krim Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Ilustrasi Berbagai Jenis Es Krim Rumahan
Es krim atau Ice cream merupakan produk yang paling di gemari bagi negara yang beriklim tropis salah satunya Indonesia. Di Indonesia Es krim paling cocok dimakan saat cuaca yang sangat panas, selain menyegarkan kini es krim sudah banyak varian rasa dan jenisnya. Selain rasanya yang unik, es krim juga di gemari berbagai kalangan yaitu anak, remaja, dewasa bahkan orangtua. Es krim terbilang sangat pupuler di kalangan masyarakat, oleh karena itu usaha Es krim memiliki banyak peluang jika di kembangkan.                                                                                                                                     

Berdasarkan pengalaman saya berjualan es krim terbilang sangat menguntungkan. Nah, untuk Anda yang mau membuka usaha ice cream akan saya jelaskan mengenai analisa modal dan keuntungan yang di dapatkan jika kita mengembangkan usaha es krim bisnis rumahan. Sebelum memasarkan es krim sebaiknya Anda mencoba berulang-ulang dalam membuat es krim sampai perfect menurut Anda dan di gemari banyak orang. Jika sudah enak dan lezat baru Anda pasarkan. Hal ini pertama yang dilakukan bagi pembisnis es krim sebelum memasarkannya. Tidak hanya itu Anda harus memperthatikan Bagaimana caramengembangkan usaha es krim bisnis rumahan?

Cara mengembangkan Usaha Es krim Bisnis Rumahan

1. Memperhatikan Peluang Bisnis
Peluang untuk membuka usaha es krim terbilang cukup luas dan lumayan menguntungkan. Bisa kita lihat hampir semua kalangan sangat menggemari Ice Cream. Baik laki-laki maupun perempuan. Sekarang produk es krim sangat populer dengan kepopuleran ini akan snagat mudah untuk memasarkannya. Dengan syarat es krim yang Anda buat memiliki cita rasa yang lezat dan bervariasi maka, es krim Anda kemungkinan besar akan mampu bersaing di pasaran.

Selain itu, faktor pedukung lainnya adalah cuaca yang panas. Ice telah terbukti tidka hanya populer musiman, namun sudah banyak diminat. Sehingga untuk jangka panjang perkembangan bisnis sangat bagus. Asalkan Anda selalu sabar dan dikelola secara profesional makan bisnisi ini akan semakin maju dan berkembang.

2. Memperhatikan Kualitas Es Krim
Untuk menjalankan bisnis ini Anda harus memperhatikan kualitas bahan es krim. Dalam membuat es krim ini tidak terlalu lama, namun jika es krim yang di buat bervariasi maka sangat memerlukan wkatu yang lumayan lama. Untung pengemabangan dalam soal varian rasa Anda bisa mengembangkannya sambil berbisnis dan berlatih menciptakan kualitas es krim yang di gemari masyarakat.

Anda juga tak perlu kahwatir mendapatkan bahan dan alat yang berkualitas. Karena Anda bisa mendpapatkannya dengan mudah, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih akan memermudah Anda membuka usaha es krim rumahan. Untuk informasi yang berkaitan dengan resp Anda bisa mencarinya di internet. Seperti yang sudah saya katakan gunakan bahan-bahan es krim yang bekualiaas dan aman untuk di konsumsi. Perlu sekali kita menjaga kesehatan konsumen, jagan memperhatikan keuntungan saja.

Untuk membuat jenis es krim Anda bisa memilih mau yang Soft Ice Cream(Es Krim Lembut) atau Hard Ice Cream (Es Krim Keras). Dalam pembuatan Soft Ice Cream suapya tekturnya yang lembek dan lembut makan membutuhkan mesin cone ice cream sedangkan untun Hard Ice cream dengan tekstru tang lembut namun saat di bekukan malah menjadi keras maka yang dibutuhkan hanya mixer dan di bekukan di freezer. Sementara keunggulan dair Hard Ice Crean dalam berbisnis tidak memerlukan mesin yang mahal dan bisa bisa diolah menjadi produk yang bervariasi dan unik. Menyesuaikan dengan konsep yang Anda inginkan

3. Mempersiapkan Modal Untuk Usaha Es Krim Rumahan
Sebelum membuka suatu usaha patinya Anda harus mempersiapkan modal yang akan di keluarkan untuk membuka usahanya. Untuk rincian modal membuka usaha es krim ruamah Anda perlu memperhitungkan estimasi keuntungan dan hitungan tempat usaha serta peralatannya. Berikut ini yang Anda perlukan untuk membuka usaha Es krim dan Bisnis rumahan.

Peralatan Yang Di butuhkan:
1 Freezer kapasitas 200 liter (Polytron Chest Freezer Pcf-215 200 Liter Pcf 215)  Rp 2.460.000
1 Mixer (Philips Hr-1559 Stand Mixer - Mixer Berdiri) Rp 469.000
1 Baskom Stainless Steel Diameter 20 Cm Rp16.500
1 Solet Atau Spatula Plastik  Rp 4.800
1 skop es krim   Rp 30.000
1 Wadah Es krim 8 Liter Rp 20.000
Total Rp 3.000.300

Perhitungan untuk yang berjualan secara stand by di rumah:
12 piring saji  Rp 180.000
12 gelas saji   Rp 108.000
12 sendok      Rp   10.000
2 set meja panjang (berkonsep lesehan) Rp.300.000
Total Rp.598.000

Modal untuk bahan membuat es krim:
12 kg bubuk es krim aneka rasa, @Rp.70.000       Rp.840.000
300 Cup Es Krim 60 Ml (Lengkap Dengan Tutup Dan Sendok)     Rp    57.000
Total   Rp 897.000

Jadi, keseluruhan modal yang di perlukan untuk membuka usaha es krim secara stand by ( di rumah) adalah 4.495.300

Nah, untuk membeli semua bahan dan peralatan Anda akan lebih mudah belanja di toko online seperti Bukalapak, Lazada, OLX, Shopee, atau Tokopedia, JD id. Belanja di toko online jauh lebih hemat. Modal perhitungan yang di jelaskan di atas tidak sepenuhnya sama. Tergantung pada perubahan alat dan bahan yang digunakan. Apababila modal yang Anda punya belum memenuhi perhitungan diatas, lebh baik embelinya secara eserab sehingga uang yang digunakan tidak banyak.

Hanya dengan modal Rp 118.000 Anda bisa membeli bahan-bahan yang dibutyuhkan untuk membuat es krim. Apabila usaha es krim sudah mulai berkembang bisa berbelanja secara besar. 

4. Keuntungan Usaha Es Krim Bisnis rumahan            
Setiap orang pasti memikirkan jumlah keuntungan yang di peroleh saat berbisnis. Nah, berikut perhitungan untung yang didapatkan dari berbisnis es krim.
Perhitungan jika memproduksi 1 Kg serbuk eskrim + 2 Liter = 120 cup (60 ml)
Di jual seharga Rp 2.000/cup
Total harga jual 120 x 2000 = Rp 240.000

Modal
1 Kg Serbuk Ice Cream  Rp 70.000
120 cup                            Rp 28.500
Listrik                               Rp  20.000
Total                                 Rp 118.500

Keuntungan
Harga Jual – Modal = Rp 240.000 – 118.000 = Rp 122.000
Jika dalam sehari menghabiskan 1 kg bubuk es krim dan di campur dengan air 2 liter air dingin. Jiak dalam sehari mengahbiskan 1 kg bubuk es krim berarti dalam sehari untungnya Rp 122.000 sedangkan dalam perbulan Rp 3.600.000

Tips dan Trik
Supaya es krim Anda laris manis usahakan mempunyai varian rasa dan unik, nah untuk lebih lengkapnya klik sini

5. Promosikan Ke Lingkungan Sekitar dan Media Sosial
Menggunakan teknologi juga sangat perlu lho untuk mengembangkan usaha es krim Anda. Anda bisa mempromosikannya lewat facebook, instgram maupun twitter. Untuk lebih memudahkan pemasaran es krim Anda. Misalnya dengan memberikan potongan harga bagi pelanggan pertama atau dengan cara beli 1 gratis 1. Dengan kecanggihan teknologi kemungkinan besar produk es krim yang Anda buat cepat terkenal, apalagi dengan adanya promo ini.

6. Memberikan Sampel Gratis Untuk Menarik Pelanggan
Ketika Anda lounching pertama kali es krim untuk memperkenalkan produknya bisa membagikan browsur di beberapa tempat yang ramai atau bisa menitipkan ke anak-anak sekolah di skitar rumah Anda atau sosialisasi di beberpa sekolah dengan memberikan sampel gratis es krimnya. Biasanya orang ketika mencicipi rasanya enak, cinderung atau kemungkinan besar akan membeli produk es krim Anda.

7. Membuka Toko Online

8. Menjual Es Krim Dari Perusahaan Es Krim
Jika Anda yang menginginkan yang lebih simpel bisa membeli produk es krim yang sudah jadi kemudian di jual kembali. Seperti yang saya lakukan, di rumah saya menjual produk Ice Cream AICE, keuntungangn juga tidak kalah dengan membuat produk sendiri. Biasanya saya membeli es krim yang di jual Rp 3.000 dengan isi 30 Pcs seharga Rp 75.000 per box sedangkan untuk harga Rp 2.000 dengan isi 40 pcs seharga Rp 65.000 per box. Nah Bisa kita lihatkan Modal awal untuk membeli es krimnya saja Rp 140.000. Anda berhasil menjual es krim 2 box dalam sehari maka akan mendapatkan Rp 170.000. jadi keuntungannya Rp 170.000 – 140.000 = Rp 30.000 berarti dalam sebulan Rp 900.000.

Sedangkan dalam sebulan di rumah saya bisa menghabiskan 8 box ice krim dengan berbagai varian, berarti keuntungan dalam sebulan 8:2 = 4x900.000 = Rp 3.600.000 per bulan. Terkadang tidak sampai sebulan, kemudian tinggal di potong biaya listrik saja bersihnya sih sekitar Rp 3.400.000. Freezer yang saya beli yang mini dengan harga Rp 1.900.000.

Namun jika kita membeli produk dari orang lain harus mengikuti harga pasaran, belum lagi perusahaan pastinya akan menaikan harga tergantung dengan bahan pokoknya. Tidka enaknya sih, jika saya menjual es krim sudah habis tapi pihak yang mengirim belum datang berarti tidak bisa jualan, dan tergantung musim. Biasanya di musim kemarau seminggu bisa menghabiskan 12 box sedangak di musim hujan es krim akan lama habisnya.

Mungkin itu saja yang dapat jelaskan mengenai Cara Mengembangkan Usaha Es Krim Bisnis Rumahan Untuk Pemula. Sukses ya untuk membuka usaha, semoga gambaran mengenai usaha es krim dapat mempermudah Anda untuk menjalankan bisni. Pokoknya ketika kita mau mmebuka suatu usaha jangan pernah berfikiran takut gagal atau rugi. Terus berusaha dan berdoa, Insyaallah semuanya akan berjalan dengan lancar, dan rezeki megalir dengan cepat sesuai usaha dan doa kita. Jika ini bermanfaat jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya. Selamat mencoba calon pengusaha sukses!!!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close