Cara Mengembangkan Usaha Mie Ayam Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Cara Mengembangkan Usaha Mie Ayam Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Cara Mengembangkan Usaha Mie Ayam Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Ilustrasi Mengembangkaan Usaha Mie Ayam

Bagi Anda yang berencana mengembangkan usaha mie ayam bisnis rumahan terbilang sangat bagus, karena peluang ini sangat besar bisa dilihat berbagai kalangan menggemari mie ayam. Selain banyak di gemari masyarakat, ternyata cocok di konsumsi di segala cuaca dan suasana. Harganya juga terbilang terjangkau untuk semua orang. Tergantung bagaimana kita yang mengatur bisnis mie ayam ini.


Untuk memulai bisnis mie ayam tidaklah sulit, Anda hanya membutuhkan keahlian dalam mengolah makanannya tersebut. Begitupun dengan midal usaha yang diperlukan tidak perlu membutuhkan modal yang banyak. Jika ingin terkenal mie ayamnya, Anda harus menciptakan suatau varian yang baru dengan harga yang cukup terjangkau. Bisnis mie ayam ini termasuk usaha dengan modal yang kecil, saya rasa Anda bisa menjalankannya sebagai usaha rumahan.

Nah, untuk itu di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengemabnagkan usaha mie ayam untuk pemula? Semuanya telah saya sajika secara detail cara yang harus dilakukan untuk memulai usaha mie ayam, strategi usaha bisnis mia ayam, modalnya hingga cara analisa keuntungan yang bisa di dapatkan dari bisnis mie ayam. OK! Langsung saja ya simak mengenai cara menegmabangkan usahamie ayam bisnis rumahan untuk pemula.

Cara Mengembangkan Usaha Mie Ayam Bisnis Rumahan Untuk Pemula

1. Peluang Usaha Mie Ayam
Seperti yang saya jelaskan tadi mengembangkan usaha mie ayam tidaklah sulit, itu tergantung dengan cara Anda mengelola bisnisnya? Kita sudah mengetahui sebenarnya mie ayam ini sudah merakyat, yang artinya semua orang mampu membeli mie ayam. Bisa dilihat saja setiap hari saya membeli mie ayam dengan harga sekitar Rp 8.000 sampai 15.000 yang paling mahal. Saya juga memperhatikan pedangang mie ayam yang ada di dekat rumah saya, dia hanya bermodalkan gerobak, kompor dan bahannya. Setiap kali saya mau beli pasti selalu habis dagangannya.

Kenapa bisa demikian? Ya, harganya juga cukup terjangkau Rp 10.000 kemudian soal rasa jangan ditanya lagi sangat nikmat. Cuma sayangnya, belum ada varian barunya. Itu sangat simple bukan? Dan bisnisnya sangat berpeluang besar. Bagi Anda yang mau berbisnis mie ayam dan masih bingung simak terus ya penjelasannya.

2. Perencanaan Usaha Mie Ayam
Dalam mmbuka suatu usaha, pastinya kita harus mempunyai suatu rencana untuk memasarkan produknya. Seperti halnya pedagang mie ayam di dekat rumah saya, dia berjualan secara keliling. Nah, bagiman dengan Anda? langkah awalnya kita harus mencari produk yang aman untuk kesehatan para konsumen, mempersiapkan modal, memnetukan lokasi, dan peralatan. Berikut penejalnnya.

  • Memilih Produk
Produk ini berkaitan dengan bahan yang akan digunakan untuk membuat mie ayam, kalau bisa untuk menarik pelanggan gunakan bahan yang original tanpa bahan pengawet dan berkualitas. Kemudian dari segi rasa dan tampilannya. Oleh karen aitu sebelum Anda membuka usaha mie ayam harus melakukan inovasi baru yang unggul dari segi rasa, berkualitas dan memiliki keunikan tersendiri. Untuk memulainya Anda bisa memberikan samplenya ke kerabat untuk mengomenatari produk yang Anda buat.

  • Persiapkan Modal
Untuk modal membuka usaha mie ayam dari berbagai sumber misalanya Anda bisa menggunakan tabuang pribadi, meminjam uang ke bank untuk usaha kecil dan ke penggadain.

  • Lokasi
Untuk memulai usaha mie ayam, Anda perlu mencari lokasi yang strategis dan mmepunyai target untuk siapa kita membuka usaha ini? Lebih memperhatikan target pemasaran, kemudian dilanjutkan dengan cara Anda mengolahnya, misalnya mendesain tempat dengan unik dan begitupun gerobak Anda. tak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan kebersihan lokasi tempat Anda berjualan. Supaya pelanggan lebih percaya lagi mengenai mie ayam anda, soalnya lebih terjamin dnegan kesehatannya.

  • Peralatan
Dalam usaha mie ayam Anda hanay memerlukan peralatan masak dan penyajian seperti perlengakan kompor gas, gerobak, tenda atau tempat, meja kursi, peralatan makan dan papan nama dan yang lainnya.

3. Modal Usaha Mie Ayam
Modal yang harus kita miliki untuk usaha mie ayam sebagai berikut:
1 Gerobak Rp 1.500.000
1 Tenda Bazar Rp 250.000
1 Set Meja& Kursi Cafe Rp 400.000
Peralatan Masak Rp 700.000
Perlengkapan makanan Rp 400.000
Papan nama Rp 200.000
Lain-lainnya Rp 300.000

Jadi Modal awal untuk mengembangkan usaha mie ayam sebesar  Rp 3.750.000

6. Pendapatan dan Keuntungan Bisnis Mie Ayam

Biaya Operasional

Bahan baku Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000
Listrik, air dan gas Rp 400.000

Total Rp 9.400.000

Misalnya sehari terjual 40 porsi perhari dengan harga Rp 10.000 per porsi
40 porsi x Rp 10.000 x 30 = Rp 12.000.000


Laba bersih / Keuntungan
Omset- Biaya Operasional
= Rp12.000.000 – Rp 9.400.000
= Rp 2.600.000
Sementara modal awal yang kita keluarkan untuk membuka usaha mie ayam sebesar Rp 6.250.000
Jadi
Modal awal Rp 3.750.000/ Rp 2.600.000 = Rp 1.400.000 perbulan

4. Strategi Pemasaran Mie Ayam yang Sukses

  • Strategi produk
Sbelumny asudah saya jelaskan jika dalam membuka usaha mia ayam haru mmeiliki produk yang unggul dan berkualitas selain itu memiliki cita rasa yang enak, dan mempunyai ide kraetif dalam penyajiannya, gerai dan lainnya.

  • Strategi Pemasaran
Anda tidak perlu memasarkan ke daerah yang lain dulu, utamakan di daerah sekitar Anda. Jika sudah ada pelanggan yang berdatangan. Anda juga bisa mmebuat poster untuk mempromosikan mie ayam yang akan di pasarkan. Biasanya yang paling bagus pemasaran itu dengan memberika promo misalnya diskon dan buy 1 ge 1 free. Biar makin rame gunakan situs sosmed.

  • Strategi keuangan,
Karena saat ini sedang mengembakan usaha mie ayam usahakan Anda mencatat semu alporan keuangan dan memisahkan Natar uang usaha dengan uang rumah tangga.

5. Kendala Usaha Mie Ayam


Dalam bentuk apapun setiap usaha pasti ada yang namanya hambatan. Dalam menjalani usaha mie ayam bisnis ruamahan pun ada hambatannya, dianatranya:

Dalam setiap usaha pasti akan mengalami pasang surut. Sementara untuk bahan baku tidak bisa tahan lama. Sementara untuk bahan baku tidak bisa tahan lama. Untuk menghindarinya Anda mencoba untuk memulai dengan bahan yang sedikit, ternyata tidak terduga saat pertama kali membuka bisnis mie ayam ramai pengunjung, nah hal ini bisa jadi Anda kehilang omset. Padahal jika Anda belanja bahan cukup banyak makan konsumen juga dapat di layani semua, sehingga keungtungan yang Anda peroleh lebih banyak. Begitupun sebaliknya bahan yang kita belanjakan tidak habis kit akan mengalami kerugian.

Baca juga cara usaha yang bisa kamu coba di rumah :Cara Mengembangkan Usaha Es Krim Bisnis Rumahan Untuk Pemula

Biasanya ketika usah akit amulai berkembang, pasti ada saja yang mengikuti cara pembuatan produk kita sampai semirip mungkin. Nah untuk mengatasi hal seerti itu, Anda harus pandai-pandai membuat inovasi yang baru. Biak itu dalam hal produk, membuka menu yang baru maupun strtegi pemasaran.

Selain itu juga kita harus bisa menjaga cita rasa dalam mie ayam, nah konsisten ini terkadang sangat sulit. Jangan sampai ada perbedaan rasa ya! Anda harus konsisten dalam hal rasa dan pelayanan terhadap pelanggan. Jika gak konssiten maka pelanggan akan kabur lho.


Bagaimna menurut Anda?? tertarik sekali untuk mengembangkan usaha mie ayam bisnis rumahan? terbilang mudah untuk menjalankan usaha mie ayam ini. Silahkan untuk mencoba bisnisnya, semoga berhasil dan usahanya sukses terus. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan usaha kecil yang ada di copromo ya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Blog allow coment

close