Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar



Hai guys sebelumnya saya telah memeberikan contoh surat lamaran kerja manual maupun yang diketik yang baik dan benar. Nah, kali ini saya akan memberikan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar. Apakah Anda sudah tau mengenai surat pengunduran diri? Surat pengunduran diri ini dibuat untuk menyatakan bahwa ingin berhenti bekerja baik itu di perusahaan swasta maupun di kantor pemerintahan. Seperti yang saya alami selama bekerja pasti ada yang namanya ketidak nyamanan untuk bekerja, bahkan merasa tertekan sehingga mempunyai pemikiran untuk resign dari tempat kerja.


Bukan hanya itu saja alasan untuk berhenti bekerja, seperti keinginnan untk memeroleh pengalaman baru dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Nah, untuk berhenti kerja secara terhormat sebaiknya kita membuat dulu yang namanya surat pengunduran diri kerja. Dengan demikian Anda akan terkesan lebih mengahargai usaha perusahaan dalam memberikan pelayanan selama bekerja di situ. Mengapa Anda harus membuat surat pengunduran diri kerja? Karena dalam attitude dunia kerja ketika Anda membuat surat lamaran pekerjaan, maka ketika Anda keluar atau berhenti bekerja harus membuat surat pengunduran diri.

Seperti yang saya singgung sebelumnya bahwa etika itu sangat penting. Krena, merupakan peruwujudan menghormati perusaah yang telah memberika perkerjaan Anda. Lalu Apa akibatnya jika kita berhenti bekerja tapi tidak memberikan surat pengunduran diri? Akibatnya terbilang fatal, nama Anda bisa masuk dalam daftar hitam dari rekanan perusahaan tersebut. Berikut ini contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar untuk berbagai tempat dan posisi.

Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Apa manfaat yang kita peroleh jika membuat surat pengunduran diri kerja?
Seperti yang kita ketahui surat resign merupakan surat resmi yang isinya menyampaikan permohonan untuk berhenti bekerja ke atasan. Ketika Anda mengajukan resign sebaiknya disertakan dengan alasan yang masuk akal dan logis. Dengan syarat tidak menyinggung perusahaan, walaupun sebenarnya keputusan Anda untuk resin karena perusahaan tidak cukup memberikan gaji yang lebih tinggi maupun kenyamanannya. Berikut ini manfaat membuat surat pengundruan dikerja.

1. Anda terkesan lebih terhormat dan profesional.
Dalam mengambil sebuah keputusan pastinya tidak lepas dari adab dan nilai kesopanan. Jika Anda mau berhenti bekerja, jangan sampai menghilang begitu saja, seperti debu yang tertiup angin. Dalam dunia kerja pastinya terdapat peraturan dan etika perusahaan yang harus di taati. Jika Anda mengundurkan diri dengan cara yang baik, resmi maka perusahaan akan menilai Anda sebgai pribadi yang bertanggungjawab. Selain itu juga Anda tekresan lebih terhormat karena mempunyai etika dan tata krama, begitupun sebaliknya.

2. Memberikan kesempatan perusahaan untuk mencari pengganti Anda.
Pada umumnya surat pengunduran diri kerja di ajukan sebalum waktu Anda mengundurkan diri. Contohnya Anda mengundurkan diri pada tanggal 19 Maret 2018, maka Nada harus membuat resign sebelum hari H. Jadi, perusahaan bisa memepersiapkan diri untuk mencari pengganti supaya pekerjaan yang Anda tinggalkan ada penggantinya dan perusahan terus berjalan dengan lancar.

Jangan sampe Anda berhenti bekerja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, hal ini akan berdampak pada penilaian kerja yang lepas dari tanggungjawab. Bisa jadi nama Anda akan tercoreng dalam dunia kerja. Apabila Anda mau mengundurkan diri dari pekerjaan berikut ini contoh surat resignnya denagan berbagai posisi contohnya surat resign kerja, resgin bank, perusahaan, resign hotel, pengunduran diri organisasi dengan berbagai alasan yang baik dansopan yang resmi.


Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Kepada Yth :
Ketua Umum DPD Partai PDIP
Bapak Bambang Wuryanto
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPD PDIP dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :
Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPD PDIP yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Aktifis muda DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Masa Bakti 2015-2020, sesuai SK Nomor: 15-B/KPTS-DPD/DPP/VIII/2017

Saya menilai PDIP tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak Ketua Umum DPD, saya memohon pengertian Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Sebagai Aktifis muda DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah

Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPD PDIP selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Hormat,

H. Danur Rahmatullah


Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan


Malang, 19 Maret 2018

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang
Prof. dra. Chelsia Oliv, M.Si., Ph. D
Di Kampus UIN, Malang

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 19 Maret 2018 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Rina Ghofur

Surat Pengunduran Diri Guru Sekolah
Kepada Yth.
Kepala SMP N 2 Kroya
Jln. Cipedang Kec. Kroya
Perihal          : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,
Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama    : Karina Putri, S.Pd
Tempat, Tanggal lahir     : Jeddah, 30 Oktober 1995
Jabatan : Guru Matematika
NUPTK  : 13676181291121
Alamat  : Desa Cipedang RT 006 RW 03 Kec. Kroya

Secara resmi terhitung semenjak hari Kamis tanggal 19 Maret 2018 Tahun 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Matematika di SMP 1 Kroya dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2018 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2018 ,TMT 19-03-2018 yang ditempatkan di Cisaranten, SMP Cisaranten

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMP N 1 Kroya untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMP N 1 Kroya  i  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMP N 1 Kroya bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMP 1 Kroya dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya

Karina Putri, S.Pd



Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Kepada Yth,
HRD Manager PT INDOMARCO
Di
Tempat

Melalui surat ini, saya Agustina Ningrat bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT INDOMARCO sebagai Kasir terhitung sejak tanggal 19 Maret 2018.
Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja PT INDOMARCO. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT INDOMARCO apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap semoga PT INDOMARCO dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

                                                                                                                 Bandung, 19 Maret 2018
Hormat Saya,

Agustina Ningrat


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close