Kisah Perjalanan Aku Membangun Usaha Es Krim Dari Nol

Kisah Perjalanan Aku Membangun Usaha Es Krim Dari Nol

Kisah Perjalanan Aku Membangun Usaha Es Krim Dari Nol

Ilustrasi Memabangun Usaha Es Krim di Rumah


Hai semuanya saya akan membagikan sedikit kisah perjalanan ku membangun usaha es krim dari nol. Awalnya membuka usaha kecil berjualan es krim, karena tuntutan kebutuhan ekonomi yang semakin bertambah. Anda juga bisa merasakannya begitu berat rasanya untuk bertahan hidup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meroket. Apalagi posisinya pendapatan kita sangat kurang, pasti sangat bingung larinya pasti berhutang.

Sangat tak baik jika kita terus tergantung pada yang namnya hutang, itu akan membuat kita semakin terpuruk. Saya sendiri bekerja sebagai guru honorer di sekolah swasta dengan gaji Rp 500.000, dengan gaji segitu, kebutuhan tidak bisa terpenuhi semua. Akhirnya saya mendapakan solusi untuk membuka usaha kecil di rumah. Tapi, usaha kecil apa ya yang cocok untuk di Desa? Saya mencari berbagai informasi menganai membangun usaha kecil yang bisa buat sukses.

Pada akhirnya saya menemukan solusinya yaitu dengan membangun bisnis Es krim. Saya mencoba untuk berjualan es krim dengan belanja di salah satu suplay es krim dari tempat kakak bekerja. Karena tidak membutuhkan modal banyak saya hanya belanja es krim yang untunganya sangat lumayan. Kebetulan di rumah ada kulkas jadi tidak usah membeli freezher. Pada awalnya saya belanja hanya 5 box es krim, yang jumlahnya berbeda dan rasa yang berbeda di setiap boxnya. Karena saya membuka usaha di desa, jadi es krim yang saya beli dengan harga jual Rp 2.000 sampai Rp 3.000. Kenapa memilih harga segitu? Saya melihat situasi dan kondisi masyarkat yang dominannya bertani.

Awalnya sih ada kendala yang harus saya hadapi, karena suhu di kulkas berbeda dengan Freezher jadi es krim jadi meleleh. Untungnya masih bisa terselamatkan eskrimnya, sempat panik sih takut gak laku di jual. Eh ternyata banyak yang mau membeli, hal ini terbantu karena rasanya yang enak dan murah. Dari setiap boxnya dengan harga Rp 2.000 saya bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 20.000 sedangkan yang Rp 3.000 mendapatkan keuntungan Rp 25.000 – Rp 30.000.

Supaya kejadian es krimnya tidak meleleh terulang lagi, saya memutuskan untuk membeli freezer yang lumayan besar dengan harga Rp 1.900.000 dan kebetulan pada saat itu ada diskon. Jadi, tidak terlalu mahal dengan kapasitas yang banyak es krim yang masuk dibandingkan di kulkas. Belanja 5 box es krim saja dipaksain untuk dimasukin semua di kulkas, tapi sekarang dengan membeli freezer bisa muat samapi 13 box an.

Membuka usaha es krim di desa itu sangat menguntungkan sekali, waktu itu saya belanja es krim sebanyak 12 box, gak nyangka seminggu langsung ludes terjual. Mungkin karena di dukung dengan letak rumah saya yang dekat dengan sekolah dasar, lalu di dukung dengan rasanya yang enak dan murah. Dalam seminggu saya bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 360.000 berarti dalam satau bulan Rp 360.000 x 4 adalah Rp 1.440.000. Menurut saya termasuk berntung baru beberapa hari membuka usaha ini langsung memperoleh laba segitu.

Di sinilah puncak keberhasilan saya membuka bisnis es krim di rumah dengan modal yang kecil. Namun, setiap usaha pasti ada yang namanya pasang surutnya. Begitupun dengan saya, ada masa-masa dimana barang dagangan saya tidak laku sama sekali, ini membuat sempat down. Tapi, yang namanya usaha pasti mengalami hal ini. Saya mencoba untuk bersabar, ya bayangin saja yang tadinya sehari bisa mendapatkan Rp 200.000 perhari berubah menjadi Rp 10.000 bahkan tidak ada yang beli. Entah itu karena perubahan cuaca ke musim hujan atau apa?

Jika kita ingin membuka usaha dari nol kita hanya bisa terus bersabar, berusaha dan berdoa. Penurunan omset yang begitu jauh dan lama tak pernah pantang menyerah. Untuk mengatasinya saya hanya belanja sedikit. Untuk menambah variasi saya berjualan kiko dengan harga jual Rp 1000 memancing konsumen untuk membeli. Ya, ternyata usahanya lumaya memancing konsumen. Masa sulit ini berjalan selama 2 bulan. Berkat usaha dan berdoa, akhirnya konsumen kembali lagi. Meskipun sacara perlahan kembali, saya selalu bersyukur. Sekarang sudah kembali normal lagi 5 box bisa di habiskan selama seminggu.

Untuk kendala membuka usaha eskrim dirumah itu belanjanya. Jadi harus menunggu suplayer mengirim es krim, sambil menunggu stock es krim. Saya mengisinya dengan kiko dan kino lho. Lumayanlah biar ada pemasukan meskipun sedikit. Ya, begitulah kisah saya membangun usaha es krim dari nol. Sebenarnya sih masih banyak dibalik cerita mengembangkan usaha es krim. Hal yang paling penting ketika membangun usaha itu mesti sabar, berusaha, berdoa dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas rezeki yang di berikan sang pencipta. Selanjutnya, kita barengi dengan amal. Biasanya ketika ada anak kecil yang membeli es krim kurang uangnya entah itu berpapun saya kasih. Itung-itung berbagi rezeki yang di peroleh.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan cara saya mengembangkanusaha es krim bisnis rumahan baca artikel ini ya. Semoga usaha dan keringat kita dibayar dengan kesuksesan. Terimakasih sudah sempat membaca kisah inspiratif saya dalam membangun usaha es krim dari nol. Semoga cerita motivasinya bermnfaat untuk Anda. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close