Cara Mencari Inspirasi Untuk Menulis Artikel

Cara Mencari Inspirasi Untuk Menulis Artikel

Cara Mencari Inspirasi Untuk Menulis Artikel

Mencari Inspirasi Menulis Artikel

Mencari inspirasi menulis sebuah artikel untuk di posting setiap hari sudah menjadi suatu kewajiban sebagai blogger. Namun, ide kreatif untuk menulis sangat sulit untuk tertanamkan. Sehingga, Anda hanya berfokus untuk menulis ulang artikel dari website lain. Padahal, ide itu bisa muncul kapan dan dimana saja.



Seperti yang sedang saya lakukan, sambil menunggu kereta berusaha untuk menulis artikel. Dengan suasana yang baru dan fresh membuat otak akan bekerja secara aktif dan kreatif. Dengan begitu mau menulis artikel yang bagaimana pun bisa dilakukan. Dari sinilah saya bisa menulis artikel yang original tanpa ada plagiat atau menulis ulang artikel orang lain. Berikut ini cara saya untuk mencari inspirasi menulis artikel.

Cara Menemukan Inspirasi Menulis Artikel


1. Berdasarkan dari pengalaman pribadi
Pada umumnya seseorang jika bercerita tentang pengalamannya akan sangat gamblang dan cepat. Begitu pun dengan otak, akan cepat merespon jika kita ingin menulis atau bercerita. Nah, jika Anda ingin menulis artikel sebaiknya berdasarkan pengalaman sendiri ya. Hal ini akan mempermudah Anda akan menulis artikel. Seperti yang sedang saya tulis ini, mendapatkan ide menulis artikel berdasarkan pengalaman sendiri.

2. Ide yang muncul tiba-tiba
Pada saat Anda sedang santai atau sedang menjalankan aktivitas yang lainnya, kemudian tanpa sengaja Anda telah menemukan ide untuk menulis artikel. Jika sudah begitu, maka segeralah untuk menulisnya di blog Anda. Jika sedang sibuk, tulis lah poinnya saja. Hal ini sering saya lakukan, jika menemukan ide menulis artikel, setelah itu saya simpan di draft. Ketika, ada waktu luang saya gunakan untuk menulis.

3. Mood yang lagi bagus
Untuk mencari momen mood yang bagus cukup mudah. Ketika Anda sedang atau mau menulis artikel jangan sampai tercampur dengan berbagai sumber masalah. Biasanya untuk merangkai kata akan sulit, karena otak kita sedang fokus dengan masalah yang terus menghantui.

Untuk mengatasinya, ketika ingin menulis buang mood Anda yang tidak bagus. Saya sarankan ketika menulis artikel itu di pagi hari, karena otak Anda sudah istirahat dimalam hari. Maka, di pagi hari otak akan lebih fresh bagitipun ketika Anda menulis artikel akan lebih mudah.

4. Belajar dari buku
Sebagai seorang penulis, tentu wajib untuk membaca buku yang berkaitan dengan menulis artikel. Karena, akan mempermudah Anda untuk menyusun artikelnya menjadi tulisan yang berkualitas dan di sukai Google maupun banyak orang. Selain membaca atau belajar dari buku, Anda juga akan mendapatkan manfaatnya yaitu menambah kosa kata atau menyusun kalimat yang lebih efektif dan mampu mengajak pembaca untuk berlama-lama membaca artikel yang telah di buat.

5.Menonton Tv
 Manfaatkanlah momen Anda ketika sedang menonton televisi. Carilah Chanel yang mampu membuat inspirasi Anda untuk menulis artikel. Biasanya yang saya lakukan untuk menemukan ide menulis artikel dengan menonton acara TV yang bermanfaat dan berkualitas. Misalnya berkaitan dengan tips ataupun cara yang berkaitan dengan solusi.

Jika blog Anda tentang makanan atau travel, sudah banyak bukan televisi yang menayangkannya?? Nah, ini bisa juga lho dijadikan sumber ide Anda untuk menulis artikel. Adanya keterkaitan dengan website yang sedang saya bangun, sehingga akan mempermudah untuk menemukan ide menulis artikel.

6. Berdiskusi dengan orang lain
Karena saya disini bekerja sama dengan orang lain, maka ketika ingin menulis dan sudah mentok tidak dapat menemukan idenya. Saya langsung berdiskusi dengan rekan kerja, untuk mencari ide untuk menulis artikel. Dengan berdiskusi, maka rekan akan memberikan solusi untuk menulis artikel. Jika Anda, membangun blognya sendiri, mintalah bantuan teman atau sahabat untuk memberikan ide menulis artikel.

7. Jalan-jalan ke blog orang
Cara ini sedikit kepo, karena menelusuri blog orang lain. Jangan dikira ini tidak bermanfaat lho, dengan sering membaca di website orang lain biasanya akan cepat menemukan ide untuk menulis artikel. Tapi, perlu Anda waspadai ketika menelusuri blog orang lain jangan sampai ada pemikiran untuk menulis ulang artikel mereka. Pokoknya jangan sampe seperti itu, nanti akan berakibat fatal di blog Anda. Sarannya jika ingin mengambil artikel blog yang lain, cukup tulis ide pokoknya saja atau poinnya saja. Kemudian Anda kembangkan dengan kalimat sendiri.

Kesimpulan Mencari inspirasi untuk menulis artikel sebenarnya tidak sulit. Cukup Anda untuk mencari mood yang baik dan sering membaca buku. Dengan begitu, ide kreatif untuk menulis artikel akan muncul secara tiba-tiba dan bisa mengolah kalimat yang sederhana menjadi artikel yang berkualitas. Mungkin itu saja yang bisa di sampaikan, semoga informasi mengenai cara mencari inspirasi untuk menulis artikel dapat bermanfaat dan lebih mempermudah Anda untuk menemukan idenya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi copromo dengan informasi terupdate dan berkualitasnya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan komentar sepuasnya gratis

close