Cara Menghubungi Dosen Yang Benar dan Tepat

Ketika kita ingin bimbingan pastinya kita harus mencari dosen terkait agar proses penulisan ilmiah atau skripsi yang sedang kita kerjakan berjalan dengan lancar namun apa yang biasanya mahasiswa lakukan terkadang masih kurang sopan ketika menghubungi dosen terkait hal ini menjadi catatan penting bagi kamu sebagai mahasiswa karena kebanyakan dosen tidak suka jika mahasiswanya kurang sopan apa lagi mengganggu waktu liburnya pastinya si dosen bakal mumet banget tuh sob kalo lagi liburan masih kamu ganggu.


CARA MENELPON DOSEN YANG BAIK
CARA MENELPON DOSEN YANG BAIK
Dosen juga manusia sob walaupun kebanyakan dosen di universitas itu aga cuek tapi tujuannya itu baik yaitu mendidik kamu agar lebih mandiri, kamu kan sebagai mahasiswa masa sih harus di suapin terus yang ada kalo kamu udah kuliah kamu harus berusaha mengejar dosen untuk mendapatkan nilai jika kamu tertinggal atau ada tugas yan belum kamu kerjakan.

Untuk cara menghubungi dosen udah saya bahasa berdasarkan pengalaman pribadi saya jika ada yang kurang mohon di tambahkan di kolom komentar ya sob, beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum menghubungi dosen :


Jangan lupa memberikan salam

Salam merupakan bagian terpenting ketika kamu menghubungi atau berbicara dengan seseorang dengan adanya salam di awal pertemuan menandakan bahwa pribadi kamu itu cukup sopan di mata orang lain, nah jangan lupa untuk mengucapkan salam ya sob sebelum kamu mau tanya-tanya kepada dosen terkait hehe.

Jangan lupa menyebutkan nama dan kelas

Gak cuma guru smp,sma/smk aja yang mengalami masalah mendapat sms atau telpon dari siswa yang entah siapa namanya hal ini juga sangat sering sekali terjadi di kalangan dosen loh sob, biasanya kalo dosen menemukan hal seperti ini pastinya bakal di kacangin karena gak sopan banget sms tapi gak ngasih tau dia siapa, nah untuk kamu yang sering sms dosen atau guru tanpa memberi tahu nama kamu jangan berharap di respon ya :V.

Gunakan kata-kata yang sopan

Setelah menggunakan salam gunakanlah kata-kata yang sopan agar dosen tersebut mau merespon kamu dengan baik, ya ibaratnya sih kalo kamu sopan sama orang lain pastinya orang tersebut bakal sopan juga sama kamu jadi sebaiknya kalo menghubungi dosen pake kata-kkata yang sopan ya sob.

Pastikan hubungi di bawah jam 8 malam

Semua dosen pastinya mempunya kepentingan pribadinya masing-masing apa lagi kalo mereka yang sudah memiliki keluarga pastinya gak akan mau di ganggu jika udah larut banget, walaupun ada dosen yang masih care sama kamu diatas jam 10 malam tapi sebaiknya kamu lebih menghargai waktu ya sob mungkin aja dia gak mau di ganggu karena lagi istirahat.


Jangan hubungi dosen di waktu libur

Dosen juga manusia yang butuh liburan ya sobat, jangan kamu sekali-kali ganggu dosen yang lagi asik liburan kalo kamu tetep nyoba pastinya kamu engga akan di respon tuh sob hal ini pernah saya alami sendiri loh hehe.

Jangan pernah melakukan spam jika sms atau chat kamu belum di balas

Menjadi dosen pastinya memiliki banyak sekali mahasiswa yang unik nan beraneka ragam  apa lagi di saat kamu sedang di berikan tugas terkadang ada loh temen-temen kamu yang gaptek ketika di suruh ngumpulin lewat email eh dia ngirim tugasna lebih dari 1x karena beberapa faktor misalnya kirim ulang karena bukan email pribadi, kesalahan penulisan tugas dan lainnya, ternyata hal tersebut sangat di benci oleh dosen loh karena ketika dia ingin menginput nilai pastinya akan memakan waktu yang cukup lama jika ada yang spam berkali-kali.

Gunakakan E-mail dengan nama pribadi

Ketika kamu mengumpulkan tugas pastinya kamu selalu menggunakan email jika tugas tersebut online namun terkadang ada aja mahasiswa yang alay walaupun udah berumur tapi masih alay gak malu apa lo :V misalnya aja nama kamu adalah joko widodo dan email kamu namanya  jokowi@gmail.com, jangan sekali-kali menggunakan nama panggilan atau nama yang di gabungkan saat mengirim email ke dosen hal tersebut dapat membuat si dosen bingung sob.

Jangan melakukan panggilan masuk sebelum minta izin terlebih dahulu

Jika kamu biasanya menghubungi dosen lewat chat atau whatsapp dan kamu ingin berbicara langsung lewat telpon sebaiknya jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu apakah si dosen bisa di telpon atau tidak karena jika dia lagi di dalam kelas kan gak enak ya sob ganggu kondisi belajar yang lain.

Akhiri dengan salam dan terima kasih

Setelah kamu selesai bertanya sebaiknya jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih dan mengucapkan salam sebelum mengahiri pembicaraan hal ini akan membuat kesan lebih hangat antara dosen dan mahasiswanya.

Bingung akun grab mu kena suspend ? Dapatkan solusinya!

0 Response to "Cara Menghubungi Dosen Yang Benar dan Tepat"

Post a Comment

Blog allow coment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel