Mengapa Umat Muslim Diwajibkan untuk Berpuasa? Berikut Adalah Penjelasannya

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia. Dalam satu tahun, Allah Swt menjadikan 1 bulan yang pada bulan tersebut penuh dengan keberkahan. Bulan tersebut merupakan bulan suci ramadhan. Pada bulan ini, seluruh umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Hal ini seperti yang telah dijelaskan Allah Swt dalam firmannya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa." (QS. Al-Baqarah Ayat 183).

Hukum menjalankan puasa adalah wajib. Jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Namun bagi anda yang memiliki sebab tidak berpuasa seperti sakit dan yang lain sebagainya boleh saja. Asalkan kamu dapat menggantinya pada hari-hari lain nantinya. Banyak sekali keutamaan dari puasa, salah satunya untuk menahan diri dari hawa nafsu. Rukun berpuasa terbagi menjadi 2, yaitu niat dan menahan diri dari segala rintangan atau sesuatu yang membatalkan puasa dari mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Ada banyak sekali hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan saya rasa kamu semuanya sudah mengetahuinya.

Mengapa Umat Muslim Diwajibkan untuk Berpuasa
Mengapa Umat Muslim Diwajibkan untuk Berpuasa

Waktu berpuasa di tiap negara juga berbeda-beda. Ada yang lama dan ada juga yang sebentar. Hal ini disebabkan karena perbandingan waktu di setiap negara tidak sama dan cenderung berubah-ubah. Meskipun berbeda-beda, tetap saja puasa yang dilakukan sama. Sama-sama untuk menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari hal tersebut sudah ada sejak jaman dulu. Sebagai orang yang beriman, tentu kita harus kuat menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat muslim untuk senantiasa meningkatan keimanan dan juga ketaqwaan kita kapada Allah Swt.

Selama bulan ramadhan, syaitan-syaitan akan dibelenggu oleh Allah Swt agar tidak dapat mengganggu umat muslim yang sedang berpuasa. Namun ntah kenapa meskipun syaitan-syaitan sudah dibelenggu tetap saja ada orang-orang yang tidak mau berpuasa. Saya tidak akan menyalahkan siapa-siapa disini, tetapi saya meminta kamu semuanya untuk intropeksi diri masing-masing. Akan sangat sayang rasanya jika bulan yang penuh dengan keberkahan ini disia-siakan begitu saja dan tidak dimanfaatkan dengan baik.

Perbanyaklah amalan di bulan suci ramadhan. Seperti memperbanyak sholat sunnah, memperbanyak sedeqah, memperbanyak membaca Al-Quran, dan memperbanyak amalan-amalan sunnah yang lainnya. Jadikanlah bulan suci ramadhan sebagai ajang untuk memperbaiki diri dan memperbanyak amal ibadah. Fokuskan diri untuk memperbanyak ibadah di bulan suci ramadhan. Jangan hanya memikirkan baju lebaran dan touring kemana saat lebaran. Itu memang penting, namun yang lebih penting adalah ibadahnya di bulan suci ramadhan. Karena bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan.

Pada bulan suci ramadhan juga terdapat satu malam yang malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan. Malam tersebut dinamakan "Malam Lailatulqadar" atau malam seribu bulan. Malam Lailatulqadar datang pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan. Dan biasanya ada pada malam-malam ganjil. Untuk itu, perbanyaklah amalan pada malam ini. Perbanyak mengerjakan sholat tahajjud. Mintalah kepada Allah Swt apa yang sedang anda butuhkan. Insyaallah jika anda sugguh-sungguh menjalankannya, Allah Swt akan memberikan apa yang anda butuhkan. Amin-amin ya rabbal 'alamin. Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat untuk kamu semuanya dan dapat kamu jadikan pelajaran untuk semakin memantapkan ibadah di bulan suci ramadhan.

Untuk kamu yang masih suka batal puasa sebaiknya jangan di sengaja ya karena membatalkan puasa secara sengaja itu hukumnya dosa dan dosanya itu sangat berat jadi sebaiknya kalo kamu masih kuat untuk melaksanakan ibadah puasa sebaiknya di lakukan saja terus dari pada kamu tanggung akibatnya nannti di neraka kan serem hiii emang mau sob?

Bingung akun grab mu kena suspend ? Dapatkan solusinya!

0 Response to "Mengapa Umat Muslim Diwajibkan untuk Berpuasa? Berikut Adalah Penjelasannya"

Post a Comment

Blog allow coment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel